Monday, May 3, 2010

inikah penjurusan?

Beberapa minggu yang lalu, sekolah gue ngadain psikotest untuk penjurusan SMA. Yang gila-ribet-banget-sampe-gue-mau-lari-lompat-jendela. Gak main-main, psikotest penjurusan ini make dua buku –emang sih gak tebel amat- yang isinya macem-macem. Mulai dari menyusun gambar, urutan angka sampe ngurutin kegiatan yang jumlahnya ada 12, kegiatan yg di suka kasih nomer 1 dst ampe 12.

Pertama megang buku psikotestnya, pikiran gue udah macem-macem. Abisan gede banget tuh buku. Udah gitu kalo belom diperintahin, gak boleh buka halaman selanjutnya errrrrr -,- . Dua jam kurang lebih waktu yang tersita, mengakibatkan gue cuma belajar hari itu sejam doang. Yah, itu salah satu sisi positif MySpace

Dan beberapa hari yang lalu, kertas hasil psikotes yang-sejujurnya-gak-sesuai-dengan-apa-yang-gue-mau dibagikan pake amplop putih. Gue degdegan setengah koid bukanya. Dan gue ngitung mundur dari 26543 hasil menyatakan ANDA SESUAI UNTUK PROGRAM STUDY IPS. Gue teler di tempat! MySpace

Disaat temen-temen gue ketawa bahagia karena hasilnya IPA sambil mondar-mandir megang kertas dan basa-basi ke anak lain buat nanya hasil yang padahal aslinya dia mau pamer, gue duduk di bangku sambil nempelin muka ke kertas hasil psikotestnya, meratapi nasib. Bukan cuma hasilnya yg mengecewakan, IQ gue pun gak bisa bikin gue cengengesan. Gue memiliki IQ 98 alias cukup alias rata-rata MySpace AJAIB! Detik itu, gue merasa makin makin geblek banget. IQ gue hampir mau jongkok dibuatnya. Dan herannya lagi, temen-temen gue yang bisa dikatakan hmm kurang lah, hasilnya IPA. Nah loh? Salah guenya apa salah psikolognya?

Semenjak itu, gue mati-matian belajar MIPA. Ya walaupun kenyataan seolah mendukung gue masuk IPS, tapi gue mau IPA. Bukan karena gue beranggapan IPS tuh orang yg kurang, gak kok. IPS hebat. Bahkan siswa berprestasi di sekolah gue anak IPS. Tapi, nantinya gue pengen banget ambil arsitektur yang sangat butuh hitung menghitung. Sejauh ini, gue emang baru berpengalaman ngitung utang sama uang jajan. Tapi lumayan kaan?

Sekarang penjurusan bisa salah kaprah, IPA bisa dibayar pake “tip”. Jadi cuma orang beruntunglah yang bisa. Padahal? Ada orang yg memang niat dan bakal berusaha sebaik mungkin untuk bisa ke IPA, tapi seolah-olah dia dipojokkan. Sekarang apa guna KONSULTASI? Apa guna pemberian MOTIVASI? Semua hampir disalah kaprahkan. Orang yang dari pengamatan sehari-hari emang pantesnya di IPA, musti nerima kenyataan, pasrah dan sedikit kecewa karena orang sekitar bukan memberinya semangat, tapi POJOKAN. Dan sebaliknya, orang yang sama sekali gak ada niat malah ke pilih ke jurusan yang gak dia banget. Kalo udah gini caranya, semangat belajar anak pasti menurun. Bahkan anak bisa menyalahkan pihak yg tadinya memberikan saran dia ke jurusan tersebut apabila anak tersebut mengalami grafik nilai yang menurun. Lalu, kalau begini siapa yang mau disalahkan?

Laaaaaaaaah cara ngomong gue kok begini yak?? Ckck MySpace

Yang jelas, gue niat banget ke IPA. Gue mau jadi arsitek MySpace. Gue udah mati-matian cari informasi tentang arsitektur, yang gue berharap itulah profesi gue kelak. Tapi, apa jadinya kalo semua gagal? OMG! Jangan sampeeee –ngetuk meja-

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online